fbpx
Yawme

Momen Langka Gerhana, Jangan Jadi Sia-sia

Bagikan Kebaikan:

Pada tanggal 15 Hijriah 1439 (31 Januari 2018) nanti, insyaAllah kita akan berjumpa dengan salah satu fenomena alam yang sangat langka, yaitu Gerhana Bulan blood moon yang hanya terjadi sekitar 150 tahun sekali.

MasyaAllah, gerhana ini termasuk salah satu fenomena alam luar biasa yang Allah kehendaki sebagai salah satu tanda kebesaran-Nya.

Walau gerhana bulan blood moon dikategorikan sangat langka, hendaknya kita melihat fenomena gerhana tidak sebagai hiburan atau tontonan semata ya sahabat

Melainkan jadikanlah sebagai pengingat agar kita senantiasa berdoa dan merasa takut akan azab Allah swt. Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan saat gerhana terjadi?

Rasulullah saw mengajarkan kepada kita tuntunan syariat yang mulia ketika terjadi gerhana,

Yaitu melaksanakan sholat gerhana, berdoa, beristighfar, bertakbir, berdzikir, dan bersedekah, yang dilakukan sejak awal gerhana hingga berakhirnya

Di antara doa yang Rasulullah perintahkan untuk dipanjatkan adalah berlindung dari azab kubur. Karena pada saat gerhana terjadi, suasana gelap sehingga mengingatkan akan suasana di alam kubur.

Baca Juga:  Ngelamun Sebelum Tidur? Al Mulk Dulu Yuk, Untuk Penghalang Azab Kubur

“Sesungguhnya matahari dan rembulan adalah dua tanda kekuasaan Allah Azza wa Jalla. Gerhana matahari dan gerhana rembulan terjadi bukan disebabkan kematian atau kehidupan seseorang. Apabila kalian menyaksikan gerhana matahari dan gerhana rembulan, maka berdoalah kepada Allah dan sholatlah hingga tersingkap kembali.” – HR. Bukhari

Jika di mesjid sekitar rumahmu mengadakan sholat khusuf berjama’ah untuk gerhana bulan malam ini, maka ikutilah karena melaksanakan sholat gerhana ini sunnah muakad atau sangat dianjurkan pelaksanaannya

Sebelum berangkat mengikuti sholat gerhana bulan, perhatikan Tata Cara Sholat Khusuf (Gerhana) pada gambar di atas ya, yang Yawme rangkum untuk bisa kamu ikuti.

Bagaimana, sudah diingat? Yuk tunggu apalagi, cari mesjid dan optimalkan malam ini untuk bertafakkur dalam sholat gerhanamu. 


Bagikan Kebaikan: