fbpx
Yawme

Hati-hati, Jangan Asal Jawab Salam

Bagikan Kebaikan:

Allah SWT berfirman,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).” (QS. An Nisa’: 86)

Kemarin, ada seorang teman yang mengucap salam di grup WhatsApp kelas. Teman-teman semua menjawab, tapi kok jawabannya beda-beda ya? Ada yang menjawab wa’alaikumsalaam, ada juga yang menjawab wa’alaikumussalaam. Yang mana yang benar?

Yawmates, pernahkah pikiran seperti itu terlintas di benakmu? Kalau pernah, yuk kita sama-sama baca penjelasannya!

Perbedaan dari segi bahasa

Secara ilmu bahasa Arab, kata as-salaam dalam assalaamu’alaikum ditulis السلام dengan alif lam bukan سلام tanpa alif lam. Lalu apa artinya? Di bahasa Arab, jika ada alif lam yang digabungkan dengan kata benda namanya alif lam ma’rifah, yang berarti benda tersebut bukanlah benda yang umum, tapi sudah diketahui secara khusus. Nah, sesuai perintah ayat di atas, membalas salam pun harus menggunakan alif lam ma’rifah supaya sepadan. Dengan demikian, balaslah salam dengan wa’alaikumussalaam (وعليكم السلام), bukan wa’alaikumsalaam (وعليكم سلام) yang kata salaam-nya tidak dibersamai alif lam ma’rifah.

Baca Juga:  Tips Praktis Itikaf dan Memburu Lailatul Qadar ala Yawme

Perbedaan dari segi makna

Dalam bahasa Arab, sebuah kata benda yang disandingkan dengan alif lam ma’rifah bermakna bahwa benda itu bukan sesuatu yang masih umum, tetapi sudah diketahui secara khusus. Artinya, kata as-salaam (keselamatan) dengan alif lam ma’rifah adalah salam yang disampaikan adalah salam dari Allah, bukan salam yang berasal dari selain-Nya. Jika tanpa alif lam ma’rifah seperti dalam wa’alaikum salam (وعليكم سلام), salam yang disampaikan masih umum, belum tentu berasal dari Allah.

Sudah paham perbedaannya?

Jadi, mulai sekarang jawablah salam dengan wa’alaikumussalaam. Memangnya, keselamatan dari siapa lagi yang ingin kamu dapatkan selain dari Allah? Tentunya tidak ada. Karena, hanya Allah-lah satu-satunya pemberi keselamatan!



Bagikan Kebaikan:

Faizah Amhar