fbpx
Yawme

Bismillah Dulu Bukan Foto Melulu

Bagikan Kebaikan:

Cekrek Cekrek!
“Itadakimasu.”
“Stop, Sabil. Sudah baca basmallah belum?”
“Astaghfirullah hampir lupa. Hehe.”
Sambil tertawa-tawa.


Dari Ibnu ‘Aisyah radhiyallahu ’anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ucapkan ‘Bismillah’. Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillahi fii awwalihi wa aakhirihi (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).” (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi)

Siapa nih yang feed dan strory instagramnya penuh dengan foto-foto makanan? Atau bahkan mungkin kamu adalah food blogger?

Nah yawmates, mengambil foto dari makanan yang akan kita santap memang tidak ada salahnya. Namun demikian, jangan sampai perkara eksistensi ini menjadi kebiasaan kamu.

Jangan pula kebiasaan kamu ini justru membuat kamu lalai dalam menjalankan kebiasaan baik sesuai sunnah ya, yawmates!

Big No!

Dalam riwayat yang lain, dikisahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang duduk bersama seseorang yang sedang makan. Sementara itu, orang itu belum menyebut nama Allah hingga makanan yang dia makan itu tinggal sesuap.

Baca Juga:  KAMU GENG SIBUK ATAU PRODUKTIF?

Ketika dia mengangkat ke mulutnya, dia mengucapkan, ‘Bismillaahi fii awwalihii wa aakhirihi’. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tertawa dibuatnya seraya bersabda,

“Masih saja setan makan bersamanya, tetapi ketika dia menyebut nama Allah maka setan memuntahkan semua yang ada dalam perutnya.” (HR Abu Dawud dan An-Nasa’i)

Bagi yawmates yang menggemari kultur Jepang, pasti juga familiar dengan kata itadakimasu, dong. Boleh saja yawmates mengucapkan itadakimasu, meski demikian, jangan lupa adab makan mulai dengan membaca Bismillah ya!

Jangan lupa juga lengkapi adab makan dengan makan menggunakan tangan kanan dan mulai dari makanan yang terdekat ya!

Sudahkah kamu melakukan kebiasaan ini? Yuk, coba dan biasakan! InsyaaAllah yawmates akan dapatkan berkahnya. 

#AgenKebaikanYawme #DailyMe


Bagikan Kebaikan: