fbpx
Yawme

Kaki Kiri Dulu, Mates!

Bagikan Kebaikan:

Eh… eh… yahhh salah kaki!

Yawmates, sekalipun kalian terburu-buru atau bahkan tak sanggup menahan lagi, jangan lupa dahulukan kaki kiri saat akan masuk wc. Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih sering salah langkah?

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sudah mengajarkan kita, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap  perkara (yang baik-baik)(HR. Bukhari no. 168 dan Muslim no. 268)

Dalam Darul Kutub Al ‘Ilmiyah nya Asy Syaukani rahimahullah juga mengatakan,

“Adapun mendahulukan kaki kiri ketika masuk ke tempat buang hajat dan kaki kanan ketika keluar, maka itu memiliki alasan dari sisi bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih suka mendahulukan yang kanan untuk hal-hal yang baik-baik. Sedangkan untuk hal-hal yang jelek (kotor), beliau lebih suka mendahulukan yang kiri. Hal ini berdasarkan dalil yang sifatnya global.”

Berdasarkan penjelasan di atas, meskipun terkesan kecil atau bahkan remeh temeh, adab seperti ini harus mulai kita biasakan ya yawmates. Sebab bagaimana pun juga adab tetaplah adab sekecil apapun wujudnya.  

Baca Juga:  Jangan Dilanjutkan Tidur Lagi

Sudahkah kamu melakukan kebiasaan ini? Yuk, coba dan biasakan! InsyaaAllah yawmates akan dapatkan berkahnya. 

#AgenKebaikanYawme #DailyMe

Sumber:
rumaysho.com


Bagikan Kebaikan: