fbpx
Yawme

Jangan Sampai Ditertawakan Setan

Bagikan Kebaikan:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Menguap itu dari setan, jika seorang menguap hendaklah  menahan semampunya.” (HR. Bukhari 3289 & Muslim 7682)

Nah lho! Tahukah yawmates bahwa menguap itu datangnya dari setan? Jika sudah tahu, mengapa ya seringkali kita menguap atau mungkin sekedar melihat orang lain menguap tanpa memenuhi adab yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Yawmates, kita sebaiknya tidak membiarkan mulut menganga atau bahkan hingga mengeluarkan suara ‘hoamm’. Mengapa? 

Dalam riwayat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu  (HR. Bukhari no. 6223 & Muslim no. 2994) juga ditegaskan bahwa Allah membenci menguap apalagi menguap yang disertai dengan suara haah. Karena jika sampai mengucapkan ‘haah’ maka saat itu setan akan menertawainya.

So, masih mau nih ditertawakan setan? 

Melalui haditsnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah mengajarkan kita untuk menahan menguap semampunya atau jika tidak mampu maka kita disuruh untuk menahan dengan tangan. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits, dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Baca Juga:  Cukup 3 Teguk Anti Tersedak

“Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (HR. Muslim no. 2995)

Sudahkah kamu melakukan kebiasaan ini? Yuk, coba dan biasakan! InsyaaAllah yawmates akan dapatkan berkahnya. 

#AgenKebaikanYawme #DailyMe

Sumber:
rumahsyo.com | konsultasisyariah.com


Bagikan Kebaikan: