fbpx
Yawme

Sst, Jangan Lakuin Ini Saat Makan

Bagikan Kebaikan:

Dari Ibnu Abbas rahiyallahu ‘anhuma,

Sesungguhnya Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam melarang bernafas di dalam gelas atau meniup isi gelas. (HR. Ahmad 1907, Turmudzi 1888, dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth)

Siapa sih yang sanggup menolak suguhan wedang jahe atau sekedar teh hangat yang disertai mie rebus telur untuk disantap saat malam menjelang atau bahkan saat turunnya rintik hujan? Hem, masyaaAllah lezatnya sudah terbayang. 

Tapi yawmates, terkadang karena terburu-buru, kita jadi meniupkan udara untuk mengurangi suhu dari hidangan tersebut. Ish, instan memang, tapi ternyata tidak diperbolehkan loh! Selain terdapat hadits yang melarang kita untuk meniup minuman panas, ternyata ada juga loh alasan ilmiah yang mendukung larangan tersebut.

Tahukah yawmates, bahwa minuman dan makanan panas menghasilkan uap H2O sementara udara yang kita tiupkan dari mulut mengandung CO2?

Nah, tahukah juga kamu bahwa ketika keduanya bertemu, maka akan menghasilkan persenyawaan yang bernama H2CO3?

Ketika terdapat tambahan zat H2CO3 yang masuk bersamaan dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi, maka keseimbangan pH darah dalam tubuh kita berpotensi untuk terganggu.

Baca Juga:  Ratusan Kebaikan Dalam Sehari

Oleh sebab itu, kita bisa saja merasakan pusing atau bahkan sesak nafas karena terjadi peningkatan asam darah. Ada juga loh yang menyebutkan bahwa kebiasaan meniup makanan atau minuman panas seperti itu, bisa menyebabkan penyakit jantung.

Sudahkah kamu melakukan kebiasaan ini? Yuk, coba dan biasakan! InsyaaAllah yawmates akan dapatkan berkahnya. 

#AgenKebaikanYawme #DailyMe

Sumber: 
Saliha.id 


Bagikan Kebaikan: