fbpx
Yawme

Anti Jatuh Saat Bersepatu

Bagikan Kebaikan:

Grasak! Grusuk! Bruk! Jatuh deh, bye

Pakai sepatu sambil berdiri gara-gara kesiangan? Atau buru-buru pergi karena lelet? 

Sejenak bernostalgia, kita telah diajarkan sejak TK hingga SD oleh orang tua kita tentang cara memakai sepatu. Mulai dari sepatu langsung rekat atau juga sepatu tali. Duduk! Begitulah caranya agar lebih mudah.  

See? Sewaktu kecil, kita ternyata telah diajarkan duduk saat mengenakan sepatu sebagai langkah termudah untuk survive di tengah keburu-buruan.

Selain menghindari jatuh atau juga terperosok, mengenakan sepatu dengan duduk dapat menjaga kita agar lebih teliti dengan kondisi sepatu. Misal menjadi peka saat sepatu kotor kena najis, atau sepatu kinclong karena rajin dicuci.  

Oiya yawmates, jauh sebelum kita lahir di dunia ini, adab mengenakan sepatu sambil duduk ternyata sudah termaktub dalam Hadis Riwayat Tirmidzi, yang berbunyi:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang seseorang mengenakan alas kaki (sepatu) sambil berdiri.” (HR Tirmidzi no. 1697, Abu Daud no. 3606 dari Jabir. Hadis ini sahih dalam As Silsilah Ash Shahihah 719) 

Baca Juga:  Bukan ‘Do What You Love’, Tapi ‘Do What Allah Loves’

Kata “larang” hanya berlaku untuk alas kaki semacam sepatu yang butuh bantuan tangan supaya bisa masuk. Alas kaki semacam ini memiliki risiko terjatuh bila sepatu nyangkut di kaki atau sepatu sempit dan ngeselin, ups. Berbeda dengan sandal yang relatif lebih mudah langsung pasang. Iyakan? 

Nah, itu dia trik pakai sepatu anti jatuh. Duduklah dan nikmatilah hidup! Jangan lupa dahulukan kaki kanan ya, yawmates! 

Sudahkah kamu melakukan kebiasaan ini? Yuk, coba dan biasakan! InsyaaAllah yawmates akan dapatkan berkahnya. 

#AgenKebaikanYawme #DailyMe

Sumber:

Eramuslim.com | majeedr.com | rumaysho.com


Bagikan Kebaikan: