fbpx
Yawme

Selamat Tinggal, Quarter-Life Crisis!

Bagikan Kebaikan:

Menginjak umur 20, kamu rentan mengalami kegalauan tentang kehidupan. Jangan khawatir! Semua ada solusinya.


Bagikan Kebaikan:
Bagikan Kebaikan:

Udah lulus kuliah, terus sekarang ngapain ya? Enaknya kerja, lanjut S2, atau nikah dulu nih? Temen-temen yang lain udah pada nikah, aku siap-siap aja belum. Daftar kerjaan kemana-mana juga belum dapet rezekinya. Lanjut S2 dulu? Ah, nanti banyak yang nggak mau lagi karena pendidikannya ketinggian!

Pernah dengar tentang quarter life crisis? Quarter life crisis adalah krisis yang biasanya dialami oleh orang-orang yang berumur 20-30 tahun. Pada krisis itu, mereka mudah sekali cemas untuk melakukan pilihan hidup. Galau. Kalau kamu sekarang berada di usia quarter-life, jangan khawatir! Sekarang saatnya ucapkan selamat tinggal kepada quarter life crisis!

Jangan Pernah Membandingkan

Buka Instagram, isinya foto teman-teman sama pasangan, atau lagi presentasi bisnis, ada juga yang sudah kerja full time di perusahan multinasional. Sedangkan kamu…. STOP! Jangan bandingkan dirimu yang ‘baru memulai’ dengan mereka yang sudah di tengah perjalanan. Fokus saja sama tujuanmu. Lagipula, hidupmu bukan untuk memenuhi tujuan hidup orang lain. Stop comparing, get a new hobby!

Cari Teman Ngobrol

Jangan pernah merasa malu kalau kamu sedang dilanda quarter life crisis. Kamu nggak sendirian kok! Tapi, kamu bisa merasa sendirian kalau kamu nggak cerita-cerita sama orang lain. Kamu harus berani untuk bercerita, tak perlu ke semua orang, minimal ke teman terbaik atau sahabatmu. Kalau tidak berhasil, berceritalah ke keluargamu. Atau, carilah seorang mentor yang bisa membantumu mengarahkan kehidupanmu. Quarter-life crisis bukan hal yang memalukan kok!

Baca Juga:  5 Tips Positif Bersosial Media

Berhenti berkata, “Seharusnya aku…”

Harusnya aku udah nikah sekarang. Harusnya aku udah dapet kerjaan keren. Harusnya aku udah berpenghasilan banyak. Ah, seharusnya aku sudah bisa lebih bahagia.

Stop menghukumi diri sendiri dengan pencapaian abu-abu yang harusnya kamu capai. Jadilah diri sendiri. Setidaknya, kamu sudah hebat karena memikirkan masa depanmu yang berarti kamu peduli dengan dirimu! Bukan dengan menunggu waktu berlalu dan membiarkan nasib menjemput. Stop should-ing, start doing!

Research

Kamu mau bekerja di perusahaan terkenal? Mau jadi founder start-up keren? Atau mau kuliah di luar negeri? Carilah cara untuk kesana. Bacalah artikel-artikel di internet, temui orang-orang yang sudah ‘jadi’ dan tanya bagaimana prosesnya. Karena kalau kamu tahu semakin spesifik mengenai tujuanmu, kamu juga akan lebih mudah menuju ke sana!

Tempatkan Dirimu

Zaman sekarang, semua orang butuh ‘portfolio’ dari bidang yang kamu suka. Kamu mau jadi penulis? Mulailah menulis dan kirim ke media. Atau kamu bisa juga membuat blog dengan domain sendiri yang berisi konten inspiratif. Mau jadi desainer? Mulai saja dengan mendesain baju seragam untuk teman-teman segengmu! Pokoknya, put yourself out there. Mulailah dari yang kecil, yang terpenting adalah kamu mulai bergerak untuk mencapai apa yang kamu inginkan!

Baca Juga:  Tips UAS Sukses Puasa Beres Ala Yawme

Nah, jadi jangan takut saat menghadapi quarter life crisis. Kamu harus sudah tahu apa yang harus kamu lakukan biar nggak galau lagi. Hidup harus terus berlanjut dan jangan biarkan dirimu stuck di kegalauan!


Bagikan Kebaikan:

Faizah Amhar