fbpx
Yawme

Muslimah Berkarya dari Rumah

Bagikan Kebaikan:

“Muslimah harus bisa berkarya dari tangannya sendiri!” begitu kata kak Riza Sativianti, seorang muslimah-preneur, istri, ibu, dan founder komunitas kreatif muslimah @hijabographic.

Bagi kak Riza, sudah sepatutnya karya muslimah tak hanya untuk diri sendiri atau keluarga, tapi juga untuk lingkungan sekitarnya.

Passion seorang muslimah tak boleh berhenti ketika amanah sebagai istri dan ibu datang kepadanya. Karena passion dan skill datang dari Allah, maka sudah seharusnya digunakan untuk kebaikan.

Begitu juga dalam memulai usaha rumahan bagi muslimah. Salah satu caranya adalah pintar mengambil peluang dengan membuka usaha yang belum dimanfaatkan oleh orang lain atau tidak bisa diraih oleh usaha industri.

Dalam bukunya “Hijabed Woman’s Creativity” kak Riza berbagi tips tentang “Upaya Kreatif Untuk Memulai Usaha Rumahan Untuk Muslimah”, begini tipsnya!

1. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Siapa bilang meniru itu ngga boleh? Boleh kok! tapi sebagai awalan saja ya! jangan terlalu lama dalam fase ini. Selanjutnya olah atau modifikasi dengan cita rasa kita sendiri.

Baca Juga:  Bacaan Dzikir Petang dan Manfaatnya

2. Sering Jalan-jalan dan Cuci Mata

Maksudnya adalah dengan mengikuti aktivitas dan bergabung dengan komunitas yang sejalan dengan passion kita. Dengannya, akan menambah wawasan dan jejaring kita.

3. Web Browsing

Membaca tulisan di blog, melihat tutorial di Youtube atau melihat kumpulan ide terbaik di Pinterest dapat pula menambah wawasan dan kreativitas kita.

4. Jangan Antikritik

Jangan baper bila dikritik! Terimalah sebagai masukan yang berharga dan pembelajaran kedepan agar kita dapat melakukan sesuatu lebih baik lagi.

5. Belajar Banyak Keterampilan Baru

Mencoba keahlian baru tidak ada salahnya. Ilmu-ilmu baru tersebut akan menunjang kemampuan kita.

Seperti kata Jose Mourinho, pelatih sepak bola Manchester United “Seorang pemain bola yang hebat tidak akan bisa sukses kalau dia hanya belajar sepak bola.”

6. Tukar Ide

Dengan saling bertukar ide akan lahir ide-ide baru yang tidak biasa!

7. Take Your “Me Time”

Gunakan “Me Time” untuk relaksasi sebelum memulai kembali segala aktivitas dan pekerjaan kita.

Sejarah Islam pun mencatat besarnya peran wanita untuk peradaban, bukan wanita yang pasif didalam rumah. Wanita memiliki visi yang juga akan dibangun bersama partner hidupnya.

Baca Juga:  Komunitas Muslimah is Here!

Menurut Khofifah Indar Parawansa, Gubernur terpilih Jawa Timur 2019-2024, ada tiga peranan penting wanita masa kini yang bisa diwujudkan:

1. Madrasah Ula (Sekolah Pertama bagi Anak-anaknya)

“Tiang negara” itulah gelar yang disematkan kepada wanita karena sebagai pendidik pertama untuk anak-anak bangsa. Maka seorang wanita perlu menambah wawasan yang bermanfaat, khususnya sebagai seorang ibu.

2. Anfa’uhum Linnas (Bermanfaat bagi Manusia)

Wanita tidak hanya mendedikasikan diri di rumah, sebaiknya juga keluar rumah dan memberi manfaat bagi lingkungan.

3. Mengajak Kepada Fi Dunya Hasanah Wa Fil Akhirati Hasanah

Wanita sepatutnya berkontribusi sesuai potensi dan kapasitas diri. Menyampaikan dakwah walaupun satu ayat.

Wah ternyata muslimah tetap harus berkarya ya, Yawmate! tidak hanya berdiam diri di rumah namun memberi manfaat untuk lingkungan sekitar dan memberi peran bagi peradaban!


Bagikan Kebaikan: