fbpx
Yawme

Lawan Futur Dengan Melakukan 6 Hal Ini

Bagikan Kebaikan:

Seharian ini, Yauma mengurung diri di kamar. Tidak pergi ke kajian di masjid seperti biasanya, murattal Alquran yang biasanya terlantun dari ponselnya terganti dengan musik yang berdendang, shalat dhuha dan tahajjudnya ditinggalkan, padahal biasanya 12 rakaat pun dikerjakan. Duh, ada apa ya?

Yawmate, pernah merasa seperti itu? Kemarin rajin ibadah, lalu tiba-tiba malas begitu saja. Malas dengerin kajian, malas membaca Alquran, shalat pun lalai, ah yang penting masih di dalam waktu shalat. Hati-hati, ya! Perasaan seperti itu disebut futur, yaitu kendornya semangat dalam beribadah. Futur ini bisa terjadi sama siapa saja, bahkan seorang ustadz sekalipun! Eits, tapi kita tidak boleh berlama-lama futur dan harus bisa melawannya.

Mohon Ampunan Allah

Istighfar, istighfar, dan istighfar. Mintalah ampunan dan berdoa supaya hatimu selalu diberi hidayah dan dimudahkan untuk mengerjakan ketaatan.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketaqwaan, keterjagaan, dan kekayaan.” (HR. Muslim)

Paksakan Ibadah, Ingat Kematian

Kalau kamu lagi males dan menunda-nunda ibadah, katakanlah ke hatimu, “Bagaimana jika aku mati dalam keadaan seperti ini?”. Paksakan saja sambil terus istighfar dan berdoa. Nggak mau kan mati dalam keadaan sedang tidak mengingat Allah?

Baca Juga:  Produktivitas Bukan Hanya Soal Dunia

Berkumpul Dengan Orang Shalih

Lingkungan yang baik akan mempengaruhimu untuk berbuat baik pula. Ingat hadits tentang agama seseorang tergantung dengan temannya? Nah, bertemanlah dengan orang-orang shalih yang senantiasa mengajakmu dan terus mengingatkanmu ke arah kebaikan.

“Agama Seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Jangan Merasa Sudah Berilmu

Kalau kamu sudah merasa berilmu, hati-hati! Itu bisa menyebaban penyakit ujub hingga malas beribadah dan malas pula menuntut ilmu. Langkahkanlah kakimu ke masjid terdekat dan ikutilah majlis ilmu. Catat ilmunya, dan bacalah ulang ketika sedang merasa futur.

Perbanyak Dzikir

Ingatlah Allah, maka Allah akan mengingatmu. Perbanyaklah dzikir di sela-sela kesibukanmu. Paksakan! Nanti lama-lama akan terbiasa kok.

Tinggalkan Musik, Perbanyak Murattal

Dengan mendengarkan murattal, insyaAllah hatimu akan semakin tenang dan lebih mengingat Allah. Di sela-sela bekerja, putarlah murattal dan gunakan headset supaya sekitarmu tidak merasa terganggu.

Untuk melawan futur, kuncinya adalah niat yang kuat serta memaksa dirimu. Paksakan hati dan diri untuk beribadah dan juga menuntut ilmu. Sekuat apapun setan menggodamu, nggak akan ada apa-apanya kalau kamu terus ngelak dan lawan godaan tersebut. Percaya deh!

Baca Juga:  Memberikan Ta’jil Kepada Tetangga #30KebaikanRamadhan

Bagikan Kebaikan:

Faizah Amhar