fbpx
Yawme

Bagaimana cara menggunakan Yawme?

Bagikan Kebaikan:

Assalamualaikum Yawmates. Alhamdulillah, kini Yawme sudah berada di dekatmu dan akan menjadi teman terbaik yang konsisten  menemani perjalanan hijrahmu.

Ngga ada yang bilang istiqomah itu ringan. Kalau ringan namanya istirahat. Yawme ngga akan menjamin bahwa selama beraktivitas di aplikasi makin mudah, tapi insya Allah kamu akan semakin kuat. Lewat Yawme, kamu akan dibantu untuk :

1. Merancang target upgrading diri lewat checklist harian.

2. Bergabung dengan grup untuk membuat target bersama

3. Tingkatkan motivasi dari konten penyemangat

4. Saling mengingatkan kebaikan lewat chatting

5. Melihat progress pencapaian perbaikan diri kamu

Mulai merancang aktivitas

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di aplikasi adalah merancang target aktivitas. Jika diibaratkan, Yawme adalah jurnal harian dimana kamu membuat daftar aktivitas yang harus dilakukan rutin setiap harinya.

Kamu dapat merancang target personal yang mana hanya kamu yang mengerjakan aktivitas tersebut atau membuat grup dimana kamu akan bersama-sama mencapai target harian yang telah ditetapkan.

Bagaimana membuat Target Personal?

1. Tap icon List atau lihat semua aktivitas

2. Tekan tombol edit untuk menambahkan aktivitas

3. Tap icon ( + )

4. Tap aktivitas yang sudah ada atau jika tidak ada tap icon ( + )

5. Set target dan periode targetnya, tap tombol OK

6. Aktivitas yang telah kamu tambahkan akan muncul dalam daftar halaman aktivitas.

Bagaimana membuat Target Grup

Sama seperti aplikasi chatting pada umumnya, untuk membuat grup kamu akan menjadi admin grup dan membuat aktivitas yang akan dikerjakan oleh anggotamu.

1. Tap menu grup dan tap icon (+) untuk membuat grup

2. Isi data profil grup kamu

3. Setelah grup selesai, tap tombol rancang aktivitas

Baca Juga:  5 Tips Ganti Kebiasaan Buruk

4. Lakukan hal yang sama seperti membuat target personal.

Power Tips!

Jangan tergoda untuk membuat aktivitas terlalu banyak, karena akan membuat anggota grup kamu lelah. Tetapkan tujuan yang dicapai dalam membuat grup, dan buatlah aktivitas yang spesifik. Contoh, Grup gerakan semangat membaca  aktivitasnya berisi ,1. Membaca buku 1 pekan sekali.

Bagaimana melihat perkembangan diri kamu?

Seperti halnya sekolah yang selalu membagikan rapor hasil belajar setiap akhir semester. Yawme juga akan menampilkan hasil perkembangan diri kamu di menu profil. Bahkan Yawme bisa menampilkan perkembangan secara harian, pekanan dan bulanan.

Apa saja nilai yang bisa kamu lihat di Yawme?

1. Spirit, adalah semangat yang dihasilkan setiap kali kamu beraktivitas. Misal, membaca Quran 1 juz sehari akan dikonversi menjadi 10 Spirit. Apa manfaat dari memantau spirit? Kamu dapat mengecek semangat harian kamu. Sebagaimana iman itu naik dan turun, naik karena ketaatan dan turun karena kemaksiatan.

Yuk jaga terus aktivitasmu agar iman tetap ada di atas. Oya, prestasi ranking kamu dalam sebuah grup juga dihitung berdasarkan spirit lho.

2. XP, adalah reward poin yang kamu dapatkan setelah meraih sebuah badges tertentu. Misal, kamu telah menyelesaikan serangkaian aktivitas yang ditugaskan dalam misi “New Comer”, maka kamu akan mendapat kan Badges “New Comer” yang bernilai 30 XP. 

3. Level diibaratkan kamu naik kelas. Untuk naik ke level berikutnya, kamu perlu mengumpulkan XP hingga mencapai target yang ditetapkan. Misal, untuk mencapai Level 2, kamu membutuhkan 50 XP dan XP kamu saat ini senilai 30 XP. Maka kamu harus  mencari Badges yang bernilai 20 XP agar dapat naik ke level 2. Tentu kenaikan level akan berpengaruh pada tingkat kesulitan aktivitas yang harus kamu hadapi. Setiap kenaikan level, kamu akan mendapatkan avatar baru.

Baca Juga:  5 Tips Menghafal Quran Bagi Pemburu Waktu

Apa itu Badges?

Ada yang baru dari Yawme nih. Jika selama ini kamu bingung harus merancang target apa untuk upgrade dirimu. Sekarang Yawme menyajikan banyak misi yang harus kamu selesaikan.

Misi ini tentunya punya tujuan dan manfaat khusus. Misalkan, misi “morning person” membantu kamu untuk memanfaatkan waktu paginya agar lebih barokah. Misi tersebut terdiri dari daftar aktivitas yang harus kamu lakukan di pagi hari. Misalkan, dzikir pagi, shalat dhuha dan menghindari hailullah. Setelah menyelesaikan daftar misi tersebut, kamu akan  mendapat sertifikasi “morning person” berupa badges.

Bagaimana mendapatkan badges?

1. Untuk mendapatkan Badges, kamu perlu melihat daftar misi yang ada di halaman home. Swipe atau tap tombol lihat semua badges untuk melihat misi, dan pilih salah satu misi untuk melihat detailnya. 

2. Swipe ke bawah untuk melihat aktivitas yang ditugaskan untuk mendapatkan badges morning person.

3. Jika dalam halaman checklist kamu belum ada aktivitas tersebut, maka tambahkan aktivitas dalam halaman checklist kamu sesuai dengan misi yang ditugaskan.

4. Lihat progress bar untuk misi yang sedang berjalan. Pastikan kamu bisa memenuhi seluruh target tersebut 100%

5. Kamu akan mendapat badge baru dan poin XP jika sudah mencapai seluruh misi yang ditugaskan

Bagaimana menjaga konsistensi kamu lewat Yawme?

Yawme menyediakan support system untuk membantu kamu konsisten mengupgrade dirimu, antara lain :

1. Oase, makin banyak tahu makin semangat

2. Leaderboard, Jaga semangat dengan berlomba-lomba dalam kebaikan.

3. Chat, Konsultasi dan saling mengingatkan

4. Jelajah Grup, gabung dengan komunitas sesuai minat.


Bagikan Kebaikan: