fbpx
Yawme

3 Hal Ini Bisa Jadi Kunci Kesuksesanmu, Mau Tahu?

Bagikan Kebaikan:

Siapa yang mau jadi orang sukses? Sebagai seorang muslim, tentunya sukses harus jadi cita-cita kita. Eits, tapi tentunya nggak hanya sukses di dunia, namun juga sukses di akhirat. Untuk bisa sukses di akhirat, step-step yang harus dilakukan tentunya ada di dunia yang fana ini. Salah satunya adalah melalui kehidupan sosial. Yap! Kita semua adalah makhluk sosial yang nggak pernah berhenti interaksi dengan orang lain. Ternyata, ada 3 hal yang harus banget kamu perhatikan supaya kamu menjadi pribadi yang sukses di kehidupan sosialmu. Tiga hal ini dikenal dengan 3R, tapi bukan 3R: Reuse, Reduce, dan Recylce, ya! Lalu apa dong?

Respect To System

Di sekolah, kuliah, pekerjaan, bahkan di lingkungan tingkat organisasi pun pasti ada aturan yang harus kita patuhi. Nah, selama aturan-aturan itu nggak menyalahi syariat Allah, kita juga harus patuh sama aturan itu. Karena aturan itu dibuat tentunya untuk kebaikan bersama. Contohnya, kuliah mulai jam tujuh pagi, sedangkan kamu datang lima belas menit kemudian. Duh, malu karena terlambat, ketinggalan beberapa materi, belum lagi dicap nggak disiplin sama dosen. Seandainya kamu datang lebih awal, manfaat yang kamu dapat pasti lebih banyak, kan?

Baca Juga:  Bukan ‘Do What You Love’, Tapi ‘Do What Allah Loves’

Respect to People

Sebagai makhluk sosial, dalam 24 jam kita pasti berinteraksi sama orang lain. Mulai dari keluarga, teman-teman, bahkan supir kendaraan umum yang sering kita naiki. Gimana pun keadaannya, kita harus menghargai mereka dengan menghormati hak-hak mereka. Jangan lupa juga selalu ucapkan 3 kata ajaib yaitu; terima kasih, maaf, dan tolong! Kalau kamu ingin dihargai orang lain, bukankah kamu harus melakukan yang sama juga?

Respect to Time

Siapa yang masih suka ngaret? Janjian jam 9, eh jam 9 baru berangkat, atau malah baru siap-siap mandi! Padahal, teman janjinya sudah sampai sebelum jam 9. Duh! Sebagai seorang muslim kita nggak boleh kayak gitu ya, apalagi kalau sudah berurusan dengan orang lain. Kita harus menghargai diri kita sendiri dan orang lain dengan menghargai waktu. Kalau kita disiplin dan selalu tepat waktu, tentunya nggak akan ada waktu yang kita gunakan sia-sia. Sekalian belajar produktif!

Nah, jadi itulah 3R yang bisa membantumu meraih kesuksesan. Hargai aturan yang ada, hargai orang lain, dan juga hargai waktu. 3R ini sudah dibahas di bab Manajemen Diri dalam buku “Visionary Life: Your Framework For Success in Life and The Afterlife” karya Jodhias. Buku ini bener-bener memberimu arahan untuk sukses di dunia dan akhirat. Penasaran sama bukunya? Yuk, beli!

Baca Juga:  Penyia-nyia Ramadhan kah Kita? #BerbagiNasihatKebaikan

Bagikan Kebaikan:

Faizah Amhar