fbpx
Yawme

Pemuda Harus Keren!

Bagikan Kebaikan:

Gimana sih pemuda keren menurutmu Yawmates?

Yawme mau sharing definisi pemuda keren menurut Yawme nih, cekidot yah!

Percaya ngga Yawmates, bahwa masa muda, adalah fase hidup yang Allah limpahkan karunia. Hal ini terbukti dari kisah-kisah yang diabadikan dalam Al-Quran, perintah dalam hadits, dan tentu saja kita ngga lupa, bahwa sahabat-sahabat Rasulullah SAW menerima islam di usia muda! 

Kisah pemuda kahfi yang berjuang demi melindungi keimanannya kepada Allah diabadikan dalam surat Al-Kahfi, yang juga termasuk salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah. 

Ngga terlalu jauh, berbagai prestasi dan pembaruan digagas oleh pemuda. Seperti pelari berprestasi Lalu Muhammad Zohri, Achmad Zaky pendiri Bukalapak, ustadz Hanan Attaki penggerak gerakan Pemuda Hijrah, bahkan Heni Sri Sundani, founder penggerak Anak Petani Cerdas.

Pemuda, bahkan disebutkan dalam hadits riyadhus shalihin sebagai golongan yang utama mendapatkan naungan Allah.

”Ada tujuh (7) golongan yang akan mendapatkan naungan Allah pada hari tidak ada naungan selain naungan-Nya, (yaitu): pemimpin yang adil, pemuda yang (tumbuh) selalu beribadah kepada Allah, orang laki-laki yang hatinya terpaut dengan masjid….”

  • HR Bukhari Muslim

Menjadi khalifah di muka bumi adalah tugas kita sebagai manusia yang diamanahkan langsung oleh Allah. Artinya, kita sebagai manusia yang dikaruniakan hati dan akal wajib menjaga dan menyayangi ciptaan-Nya.

Baca Juga:  Selamatkan Temanmu Dengan Nasihat Kebaikan

“Dan (ingatlah) tatkala Rabbmu berkata kepada malaikat , ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah’. ….” (QS. Al Baqarah : 30)

Indonesia memiliki 250 juta penduduk, dan 60% dari penduduk adalah anak muda (Menurut data Sekretariat Kabinet RI, 27 Desember 2017), dan akan terus meningkat di tahun 2040, jumlah usia produktif (15-65 tahun) adalah 195 juta. Data ini menunjukkan masa depan Indonesia yang sebentar lagi akan dipimpin oleh generasi kita. Wuihh kebayang ngga Yawmates?

Tentunya, prestasi bukanlah capaian yang instan ya Yawmates, begitu banyak tantangan dan rintangan, bahkan dari diri kita sendiri. Tapi, bagi kita pemuda keren yang Allah karuniakan potensi dan kesempatan, apalagi sudah Allah tambatkan amanah sebagai khalifah kepada kita, salah satunya adalah memulai dengan memberi sebanyak-banyak manfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar kita. Kamu pemuda keren, ambillah peran, dan berdaya dengan passion dan potensi yang kita miliki!

Kalo definisi ‘pemuda keren’ versimu apa Yawmates?

sumber data : Website Sekretariat Kabinet, “60% Penduduk Usia Produktif, Presiden Jokowi: Ini Peluang Kita Menangkan Persaingan”, 27 Desember 2017. http://setkab.go.id/60-penduduk-usia-produktif-presiden-jokowi-ini-peluang-kita-menangkan-persaingan/

Baca Juga:  Jangan Begini Biar Hafalanmu Gak Hilang

Bagikan Kebaikan: