fbpx
Yawme

Mimpi Muda Bisa Haji

Bagikan Kebaikan:

Setiap muslim yang memiliki kesempatan pasti ingin menunaikan rukun Islam ke-5 yaitu pergi haji ke Tanah Suci. Baik yang tua maupun yang muda. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa biaya haji kini masih mahal.

Lantas bukan berarti kita tidak dapat pergi haji. Kita dapat menyiasatinya dengan beberapa tips. Khususnya buat Yawmate yang masih muda, tips ini akan ampuh jika mau berdisiplin dalam melaksanakannya!

Pertama, estimasikan kenaikan biaya haji. Setiap tahunnya biaya ongkos haji cenderung naik. Kenaikan biaya ini disebabkan karena berbagai hal. Besar kenaikannya antara Rp. 5 juta – Rp.10 juta per tahun.

Nah, tinggal kita hitung deh berapa totalnya dengan menambahkan biaya ongkos haji di tahun ini plus estimasi kenaikan biaya ongkos haji tiap tahunnya.

Contohnya untuk tahun 2018, berdasarkan Keputusan Presiden tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1439/2018 M untuk tahun 2018 ini mulai dari Rp. 31 juta – Rp. 38 juta.

Coba kita ambil angka paling tinggi yakni Rp. 38 juta, maka apabila kita ingin pergi haji lima tahun kedepan, kita harus menyiapkan uang sebesar Rp. 25 Juta (Rp. 5 Juta x 5 tahun), dengan estimasi kenaikan tiap tahun Rp. 5 juta.

Baca Juga:  Mengundang Keberkahan Waktu

Maka estimasi total biaya ongkos haji lima tahun mendatang adalah sebesar Rp. 63 juta (Rp. 38 Juta + Rp. 25 Juta).

Kedua, mulai menabung! Setelah mengetahui estimasi biaya ongkos haji, selanjutnya jika Yawmate benar-benar berniat untuk menunaikan ibadah haji maka harus mulai untuk menabung dan berdisiplin melakukannya.

Misalnya gaji kita perbulan Rp. 4,5 juta, dipotong biaya konsumsi bulanan sekitar 40% yaitu Rp. 1,8 Juta, belanja keinginan 10% yaitu Rp. 450 ribu, bayar cicilan-cicilan sekitar 20% yaitu Rp. 900 ribu, dan alokasi tabungan untuk haji sebesar 30% yaitu Rp. 1,35 juta.

Lakukan selama 5 tahun berturut-turut, maka kita akan mendapatkan tabungan haji senilai Rp. 81 juta (Rp. 1,35 Juta x 60 bulan). Uang sebesar ini sudah melebihi estimasi biaya haji untuk lima tahun mendatang.

Eeittts, jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang menghambat kita dalam menabung ongkos haji ya Yawmate! seperti terlalu sering belanja online barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Kuncinya adalah kedisiplinan kita untuk mulai menabung biaya ongkos haji. Maka pergi haji di usia muda bukan khayalan lagi!

Baca Juga:  2 Kisah Menarik Di Balik Kalimat ‘Insya Allah’, Sudah Tahu?

Bagikan Kebaikan: