fbpx
Yawme

KAMU GENG SIBUK ATAU PRODUKTIF?

Bagikan Kebaikan:

Banyak orang yang masih menyamakan arti dari sibuk dan produktif. “kalau orang itu keliatan sibuk pasti produktif, soalnya banyak banget yang dia kerjain”. Hmm, apakah sama sibuk dengan produktif?

Sibuk belum tentu produktif dan produktif gak mesti sibuk ko, nah loh!

Yuk kita bahas satu-satu sobat millennials, ini penting banget buat kamu ketahui, jangan sampe kamu ngerasa produktif padahal zonk. Check it out!

PRODUKTIF

Produktif adalah kondisi ketika seseorang mampu melakukan banyak hal bermanfaat dalam waktu singkat. Dia juga mengerti kalau banyaknya hal yang ia lakukan memiliki dampak positif yang bisa dimanfaatkan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Aktifitas bukan sekedar aktifitas namun ia mengerti setiap pekerjaan yang ia lakukan itu manfaatnya apa sih, mau dibawa kemana hasil dari pekerjaan atau aktifitas yang ia lakukan.

Kamu yang ngerasa tipe ini pasti kamu tau banget apa aja yang harus kamu kerjain besok seharian, kamu paham prioritas-prioritas yang harus diselesaikan sebagai bagian dari puzzle tujuan hidup yang sudah kamu tetapkan secara jelas dan terukur.

Produktif gak harus kaku loh, kayaknya mentang-mentang tau tujuan hidupnya dan mengerti mana aja yang harus segera diselesaikan karena sudah terukur manfaatnya jadi serius mulu hidupnya, ya nggak lah sobat.

Justru kamu yang produktif, hidupmu terasa enjoy banget, kamu masih punya banyak waktu untuk melakukan hobi yang kamu senangi ataupun berkumpul bersama teman dan keluarga karena semua prioritas sudah kamu selesaikan lebih cepat.

Nah, satu ciri lagi kamu yang ngerasa produktif, hidupmu progresif banget. Karena memang kamu paham dan tau arah tujuan hidupmu, visi dan misi apa yang mau kamu bangun.

Mau jadi apa, melakukan apa saja dan bakal mendapatkan apa sudah tertata lengkap di kepalamu. So, hidupmu lebih progresif dari rekan sebayamu.

Apalagi zaman sekarang sobat millennials, kita yang suka dibilang sebagai generasi digital memiliki banyak banget potensi yang bisa gunakan untuk cepat meraih apa yang menjadi tujuan kita.

Baca Juga:  Buka Puasa Bersama di Masjid #30KebaikanHarian

Maka nggak salah juga kalau banyak yang bilang siklus kesuksesan millennials itu bukan per 5 tahunan tapi per 2 tahun.

2 tahun dari hari ini perubahan besar apa yang terjadi dalam hidupmu. Kalau cenderung sama aja, gitu-gitu aja maka kamu nggak bisa dibilang produktif, mungkin saja kamu sibuk tapi nggak produktif.

Nah, emang sibuk kaya gimana sih? Yuk kita bahas.

SIBUK

Sibuk itu kondisi dimana seseorang keliatan punya banyak banget aktifitas tapi sejatinya minim manfaat yang dia tuai loh.

Pagi sampe malam, weekdays & weekend kayaknya sibuk bener. Meeting sana-sini, ngerjain banyak project, join banyak komunitas, organisasi dan pergi kemana-mana pokoknya keren banget deh keliatannya.

Apalagi kalau udah dibumbuin caption2 menarik lalu diposting  di sosial media dengan sudut yang pas sehingga booming.

Keliatan produktif padahal sibuk, banyak banget yang dikerjain tapi nggak begitu ngerti sebenarnya setiap aktifitas itu mau dibawa kemana hasil dari itu semua.

Aktifitas satu dan lainnya tidak berkolerasi dan tidak saling mendukung untuk mencapai sebuah tujuan, karena memang si sibuk tidak memiliki tujuan hidup yang jelas.

Visi misi hidup belum terbangun, belum yakin sebenarnya mau jadi apa, melakukan apa dan mendapatkan apa dimasa depan, namun karena semangatnya tinggi dia tetap melakukan segalanya “All Out” tapi sayang tidak tepat sasaran sobat millennials T_T.

Saking banyaknya aktifitas namun minim hasil yang di dapetin sama si sibuk ini suatu saat secara otomatis dia akan sadar dan berkata:

 “Ko saya gini-gini aja ya, yang lain udah kemana, jadi apa, saya masih di tempat dan kondisi yang sama dari beberapa tahun yang lalu”

Wah, jangan sampe ya sobat. Ibarat kita gali sumur sedalam-dalamnya ternyata gak ada airnya karena kita menggali di tempat yang salah.

Baca Juga:  Payday! Sudah Disisihkan untuk Sedekah?

Akhirnya kita berada di kesimpulan nih,

Produktif itu paham tujuan spesifik, sibuk itu mau segala tujuan tapi gak maksimal bahkan bisa jadi gak dapet satupun

Produktif itu menyenangkan, sibuk itu melelahkan

Produkif itu menghasilkan, sibuk itu waktu, tenaga, fikiran banyak terbuang

Nah kamu gk mau dong pastinya jadi orang sibuk, yuk saya ajak kamu para muslim millennials disini buat jadi muslim yang produktif.

Gimana caranya?

1. Tentukan Visi & Misi hidupmu

Tentukan dan yakini kamu mau jadi apa (profesi pilihan), melakukan apa saja dan mendapatkan apa jika visi misimu terwujud.

2. Pimpin waktumu sesuai dengan kebutuhanmu

Jangan sampai diatur waktu ya gaes, kamu yang ngatur sendiri waktumu sesuai kebutuhan kamu

3. Ciptakan lingkunganmu sendiri

Sebagai mahluk sosial tentunya lingkungan punya pengaruh besar dalam menentukan kesuksesanmu, dan ternyata mencari lingkungan yang tepat agak sulit bagi millennials karena pengaruh perkembangan teknologi, maka ciptakanlah lingkunganmu sendiri, kamu yang menentukan lingkunganmu mau seperti apa.

Tentunya gak semudah itu sobat millennials buat ngelakuin 3 langkah diatas hehe, tapi kamu bisa ko asal ada kemauan dan membiasakan diri ya sobat.

????

Kamu bisa baca-baca buku yang berkaitan dengan hal-hal diatas, bertanya pada yang ahli ataupun mengikuti kelas-kelas pelatihan pengembangan diri yang keren-keren loh. Disitu kamu bukan cuma belajar teori tapi juga praktek, mungkin kelas ini bisa jadi referensi yang bagus buat kamu 

DAFTAR DISINI

DAFTAR DISINI

DAFTAR DISINI

Yuk, sobat millennials, jadi muslim yang produktif, buktiin kalau hadirnya bonus demografi dari kalangan kita bukannya menjadi beban negara karena kualitas diri kita yang rendah tapi jadi potensi buat memajukan bangsa ini.

“Berjuanglah dan jangan malas, karena penyelesalan hanya bagi mereka yang bermalas-malasan” Pepatah Bijak

Adnan Fatron | @adnanfatron

Millennials’ Productive Partner


Bagikan Kebaikan: