fbpx
Yawme

Ingin Memiliki Perisai? Yuk Berpuasa!

Bagikan Kebaikan:

Yawmates, ada yang tau apa itu perisai? Menurut KBBI, perisai adalah alat yang digunakan untuk melindungi diri. Nah, dalam Islam ternyata ada satu ibadah yang bisa menjadi perisai bagi diri kita. Wah, apa ya kira-kira?

Rasulullah SAW bersabda,

الصِّيَامُ جُنَّةٌ

Puasa adalah perisai” (HR. Bukhari dan Muslim)

Perisai dari Siksa Neraka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ما من عبد يصوم يوما في سبيل الله إلا باعد الله بذالك وجهه عن النار سبعين خريفا

“Tidaklah seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam juga bersabda,

قَالَ رَبُّنَا عَزَّ وَجَلَّ : الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ، وَهُوَ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

Rabb kita ‘azza wa jalla berfirman, Puasa adalah perisai, yang dengannya seorang hamba membentengi diri dari api neraka, dan puasa itu untuk-Ku, Aku-lah yang akan membalasnya” (H.R. Ahmad, shahih).

Perisai dari Berbuat Dosa

Imam Ibnu Rajab al-Hambali rahimahullah menjelaskan, “Puasa merupakan perisai selama tidak dirusak dengan perkataan jelek yang merusak. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Baca Juga:  Yawmengaji: 3 Tips Tobat dari Sombong oleh Ust. Banu

 وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَصْخَبْ فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ

Puasa adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah berkata keji dan berteriak-teriak, jika ada orang yang mencercanya atau memeranginya, maka ucapkanlah, ‘Aku sedang berpuasa” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Nah, kalau kamu berpuasa kamu akan terlindungi dari perbuatan dosa yang otomatis melindungi kamu juga dari siksa neraka di akhirat. Perisai ini tak terbatas untuk puasa wajib Ramadhan saja lho, tapi juga untuk puasa sunnah seperti Senin-Kamis dan enam hari bulan Syawwal. Wah, siapa coba yang nggak mau dilindungi dari siksa neraka? Makanya, yuk berpuasa!


Bagikan Kebaikan:

Faizah Amhar