fbpx
Yawme

Bukan ‘Do What You Love’, Tapi ‘Do What Allah Loves’

Bagikan Kebaikan:

Kita sering sekali dibuat pusing, mengerjakan apa yang kita sukai atau menyukai apa yang kerjakan. Apalagi kalo udah berhubungan dengan cita-cita dan passion. Do What You Love or Love What You Do, gitu katanya. Seakan-akan, kita bebas memilih apapun asalkan satu hal: kita senang mengerjakannya!

Padahal, nggak bisa selamanya gitu. Sebagai seorang muslim, kita dikasih ‘rambu-rambu’ sama Allah, apa yang boleh kita kerjakan dan apa yang nggak boleh. Bisa jadi, apa yang kita sukai dan kita kerjakan nggak sesuai sama rambunya. Masih ingat kan firman Allah di QS Al-Baqarah ayat 216?

و عسى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وهُوَ خَيْرٌ لكَمْ وَعَسى أَنْ تُحِبُّوْا شَيْئا وهو شرٌّ لكم واللهُ يعلمُ وأَنْتُمْ لا تَعْلمُوْنَ

“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Nah! Padahal Allah udah jelas-jelas mengatakan kalau apa yang kita sukai sekarang belum tentu baik buat kita. Misalnya nih, ada muslimah yang sukaaaaa sekali pakai baju yang nggak menutup aurat. Orang-orang memuji karena kecantikannya, kemolekan tubuhnya, bahkan bisa-bisa agen modeling merekrutnya menjadi model. Kemudian, ia bisa mendapatkan apa yang diinginkannya dengan mudah karena pundi-pundi yang dihasilkan. Tapi, apa Allah suka?

Baca Juga:  Memberikan Tajil Kepada Tetangga #30KebaikanRamadhan

Atau, ada muslimah yang harus menempuh puluhan kilometer bersepeda hanya untuk menuntut ilmu agama. Capek dan keringatan sudah pasti. Apalagi, dia harus berangkat jauh lebih awal supaya sampai tepat waktu. Terlihat cantik? Mungkin kulitnya sudah legam terpapar matahari. Mendapat uang? Boro-boro! Tapi dia tetap melakukannya. Kenapa? Karena Allah suka sama hamba-Nya yang semangat belajar ilmu agama.

Kalimat Do What You Love or Love What You Do kadang menjebak kita. Membuat kita memikirkan ulang kenapa kita melakukan ini dan itu. Padahal ada yang lebih harus kita pikirkan dari pada itu; Do What Allah Loves! Misalnya, kamu diterima kerja di bank ternama yang gajinya belasan juta, tunjangannya banyak, tapi ternyata… penuh dengan riba! Kira-kira kalau kamu ambil, Allah suka nggak ya?

Yawmate, ternyata rambu-rambu Allah-lah yang harus banget jadi patokan kita untuk ngelakuin sesuatu. Nggak sekadar kita suka-nggak suka yang cuma berdasar sama hawa nafsu kita. Bukannya yang kita cari di dunia ini adalah ridha-Nya? Tentunya, ridha Allah akan kita dapatkan kalau kita ngelakuin hal-hal yang sesuai sama maunya Allah.

Baca Juga:  Jangan Sampai Ditertawakan Setan

Jadi, gimana? Nah, coba lihat segala aktivitasmu lagi. Apakah mendekatkanmu sama Allah, atau justru menjauhkan? Apakah membuatmu lebih rajin tilawah, atau justru membuat Alquranmu jarang terjamah?

Yuk, sama-sama direnungin lagi!


Bagikan Kebaikan:

Faizah Amhar