fbpx
Yawme

10 Karakter Muslimah Tangguh

Bagikan Kebaikan:

Setiap kita menginginkan perubahan dalam diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, terkadang kita belum tau, apakah standar dan check list yang harus kita penuhi agar menjadi lebih baik? Nah, berdasarkan Al-qur’an dan hadist, ada 10 karakter muslimah tangguh yang sebaiknya menjadi profil diri kita. Sudah sejauh manakah kita sekarang?

Pertama-tama, kita belajar bahasa arabnya dulu ya. Suatu hari, seorang ustadz yang jadi imam qiyamul lail pun sempat menyelipkan doa-doa yang berhubungan dengan karakter-karakter di atas. Waktu itu, saya belum paham artinya. Nah, biar enggak keulang lagi, lebih baik tahu bahasa arabnya juga, agar kedepannya kita bisa mengerti arti dari doanya saat ikut qiyamul lail atau saat berdoa sendiri.

Lanjut ya, jadi…
1. Aqidah yang lurus (Salimul Aqidah)
2. Ibadah yang benar (Shahihul Ibadah)
3. Akhlaq yang kokoh (Matinul Khuluq)
4. Wawasan yang luas (Mutsaqqoful Fikri)
5. Bermanfaat bagi orang lain ( Naafi’un Lighoirihi)
6. Pintar mengelola waktu (Harishun ‘ala Waqtihi)
7. Mandiri secara finansial (Qodirun ‘alal Kasbi)
8. Teratur urusannya (Munazhzhamun fi Syu’unihi)
9. Terjaga hawa nafsunya (Mujahadatun Linafsihi)
10. Jasmani yang kuat (Qowiyyul Jismi)

Baca Juga:  Find Your Passion?

Kedua, selamat berjuang untuk berbenah, bertumbuh, dan menjadi muslimah yang lebih baik. Semoga kita bisa memiliki karakter-karakter baik tersebut.

Ketiga, semangat terus berdoa, agar Allah senantiasa memberikan kita kesempatan untuk belajar terus dan semoga diakhir waktu kita, Allah meridhai kita sebagai muslimah shalihah nan tangguh.

Terakhir, mohon maaf bila penyampaiannya masih banyak kurangnya. Kalau lihat dari referensi lain, ada tulisan yang dilengkapi dengan contoh nyatanya terkait apa yang bisa kita lakukan untuk memenuhi karakter tersebut. Teman-teman cari tahu juga yuuk ????

credit: @khairunnisa_sy


Bagikan Kebaikan: