fbpx
Yawme

Category - Inspirasi

Boleh Nggak Sih Kita Kecewa Sama Allah?

Pernah nggak kesel sama Allah? Udah belajar sehari semalaman, rutinkan tahajjud dan dhuha, tilawah satu juz per hari, udah puasa daud, udah dapet restu orang tua… Eh, tapi masih gagal seleksi universitas. Atau udah siap...

Sista, siapkan 5 hal ini sebelum umur 25 tahun

Yawmate, pernah ngga terlintas pikiran-pikiran ini : “Kok aku masih gini-gini aja” “Besok aku mau lanjut S2, Nikah atau Kerja dulu?” “Kapan ya pangeran berkuda putih datang menjemputku?” “Kenapa aku ga bisa bikin...

Apa yang pertama kali dihisab?

“Sesungguhnya pertama kali yang dihisab (ditanya dan diminta pertanggungjawaban) dari segenap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah shalatnya. Bila shalatnya baik maka beruntunglah ia dan bilamana...

Menjadi Pribadi Hebat menurut Buya Hamka

Dengan apa kita membuat orang menjadi tertarik?  Dengan budi yang tinggi, kesopanan, ilmu pengetahuan yang luas, kesanggupan menahan hatipada perkara yang belum disepakati, dengan kecerdasan, kecepatan menarik...

Pemuda Harus Keren!

Gimana sih pemuda keren menurutmu Yawmates? Yawme mau sharing definisi pemuda keren menurut Yawme nih, cekidot yah! Percaya ngga Yawmates, bahwa masa muda, adalah fase hidup yang Allah limpahkan karunia. Hal ini...

Mimpi Muda Bisa Haji

Setiap muslim yang memiliki kesempatan pasti ingin menunaikan rukun Islam ke-5 yaitu pergi haji ke Tanah Suci. Baik yang tua maupun yang muda. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa biaya haji kini masih mahal. Lantas bukan...

5 Dhuafa Kaya Raya

‘Cicak di dinding, diam-diam merayap.. Datang seekor nyamuk. Hap! Lalu ditangkap.’ Yawmate, sadar ngga kalau lagu ini menjelaskan pada kita bahwa Rezeki itu yang mendatangi kita. Caranya bagaimana, Allah...

Muslimah Berkarya dari Rumah

“Muslimah harus bisa berkarya dari tangannya sendiri!” begitu kata kak Riza Sativianti, seorang muslimah-preneur, istri, ibu, dan founder komunitas kreatif muslimah @hijabographic. Bagi kak Riza, sudah sepatutnya karya...

Ummu Athiyah, Teladan Mengambil Peran

“Galau?” kurang-kurangin yuk millenials! Iya, mungkin karena ciri khas aku, kamu dan kebanyakan yang membaca tulisan ini sebagai millenials adalah ekspresif. Susah senang kita tumpahkan ke dunia maya. Medsos jadi tempat...

Biper, Bukan Baper

Pemirsa, mengapa perasaan sebegitu dikerdilkan?  Ia kerapkali digandengkan dengan kata “bawa”– hingga terbentuklah istilah “bawa-bawa perasaan” alias baper. Heheh. Malangnya, “baper” seringnya diidentikkan dengan...

Belajar Dari Sang Juara

Lalu Muhammad Zohri, sprinter muda yang ‘mencuri’ perhatian warganet setelah berhasil mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan Internasional. Zohri menjadi sang juara di lomba lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20...

Jangan Begini Biar Hafalanmu Gak Hilang

Bisa hafal Al-Quran 30 Juz adalah dambaan setiap orang. Dalam prosesnya, halangan dan ringtangan datang silih berganti. Hafalan yang sudah ada seketika ‘menguap’ alias hilang atau saat mengulang hafalan malah terbolak...